Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

GaneMakeUp - Apa Perbedaan Sunscreen dan Sunblock? jika kita mendengar sunblock mungkin terdengar tidak asing. Lalu apa itu sunscreen? apakah sama dengan sunblock? Nah sunblock yang merupakan salah satu kosmetik yang berfungsi untuk memberikan perlindungan kulit terhadap sinar ultra violet. Lalu apa fungsi Sunscreen? pada prinsipnya, sunscreen juga berfungsi sebagai pelindung pada kulit terhadap sinar matahari, namun ada perbedaan. Lalu apa perbedaannya?

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock sebenarnya terdapat pada sistem kerja dari masing-masing kosmetik. Bila sunscreen melindungi kulit dengan cara menfilter dan mengurangi radiasi terhadap UV, sunblock mampu memantulkan sinar tersebut untuk kembali ke udara. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan sunblock dan sunscreen kita akan paparkan lebih lanjut 

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock


Berikut ini beberapa perbedaan antara sunscreen dan sunblock :

1. Sistem Kerja
Sunscreen mengandung bahan kimia yang dapat menyerap sekaligus menolak sebagian radiasi sinar UV yang terkena kulit. Sehingga pada dasarnya sunscreen hanya mampu mengurangi radiasi sinar UV ke kulit, karena menyerap dan menolak sebagian sinar UV ke kulit, tidak benar-benar menolak seluruh sinar UV. Sunscreen disebut juga sebagai tabir surya kimia yang berperan layaknya filter pada kulit dan mengurangi penetrasi sinar UV ke kulit. Sedangkan Sunblock dapat memantulkan radiasi sinar UV supaya tidak sampai masuk menembus ke dalam lapisan kulit.

2. Bahan Aktif
Bahan-bahan aktif dari sunscreen biasanya antara lain benzophenone, oxybenzone, octyl salicylate, atau octyl methoxycinnamate. Sunscreen umumnya mampu melindungi kulit dari radiasi sinar UVB. Namun, tidak semua sunscreen mampu memberikan perlindungan terhadap radiasi sinar UVA. Sedangkan Sunblock dapat melindungi kulit baik dari radiasi sinar UVA dan juga UVB. Bahan aktif yang biasanya digunakan dalam sunblock adalah titanium dioksida, zinc oksida, atau iron oxide yang efektif untuk mem-block sinar UVA dan UVB agar tidak sampai masuk ke dalam kulit. Beberapa orang lebih sensitif dan menunjukkan reaksi alergi terhadap bahan-bahan aktif yang terdapat dalam sunscreen, seperti glycerol PABA, padimate A dan padimate O. Itulah mengapa sunblock lebih populer.

3. Sifat dan Tekstur
Tekstur sunscreen cenderung lebih transparan, tipis, tidak berwarna dan tidak berbau. Karena tekstur dan karakternya tersebut, sunscreen juga bisa digunakan bersamaan dengan riasan make up wajah, dan tidak akan terlalu terlihat mencolok bila diaplikasikan pada kulit wajah. Sementara Sunblock teksturnya cukup tebal dan terlihat berwana putih (seperti hand & body lotion) bila dioleskan ke kulit. Teksturnya yang agak tebal dan lengket juga membuat sunblock terkadang agak sulit untuk dioleskan pada kulit. Tekstur dan karakteristiknya yang demikian itu membuat sunblock tidak dapat dipadukan dengan riasan make up wajah, karena akan terlihat sangat mencolok. Selain itu, sunblock juga memiliki sifat yang lebih lengket ketika di kulit.

4. Cara Penggunaan
Secara aturan penggunaan, sunscreen disarankan untuk digunakan 30 menit sebelum beraktivitas. Hal ini bertujuan agar kulit dapat menyerap bahan aktif yang terkandung dalam sunscreen. Sunscreen juga harus dioleskan kembali jika sudah berkeringat atau seusai berenang. Bahan-bahan aktif yang ada dalam sunscreen biasanya juga akan terurai setelah beberapa jam terpapar sinar matahari, sehingga untuk sunscreen pemakaiannya perlu diulang (dioleskan kembali) tiap 2 sampai 3 jam sekali. Sementara sunblock, tidak perlu menunggu terlalu lama dapat langsung diaplikasikan ke kulit sesaat sebelum beraktivitas di luar ruangan (yang terkena sinar matahari). Dan, karena sunblock tetap menempel di permukaan kulit, maka pemakaiannya tak perlu diulang berkali-kali layaknya sunscreen.

Nah, dari empat perbedaan antara Sunscreen dan Sunblock di atas, anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Bagi anda yang menyukai tabir surya yang transparan, atau ingin menggunakan tabir surya bersamaan dengan make up, sunscreen merupakan pilihan yang tepat. Namun tentunya jika aktvitas anda memakan waktu yang lama, perlu mengoleskan berkali-kali. Jika anda menyukai yang simpel dan sekali oles, atau memiliki kulit yang sensitif terhadap bahan-bahan di atas, sunblock merupakan pilihan yang cocok bagi anda.

Lihat Juga Cara Membuat Sunblock Sendiri

Untuk memilih tabir surya, beberapa pakar merekomendasikan untuk memilih tabir surya dengan SPF minimal 15. Demikian mengenai Perbedaan sunblock dan sunscreen. Semoga tulsian ini bermanfaat untuk anda. Salam


Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock | lomba nulis | 5